Asslamu Alaikum Wr.Wb. SELMAT DATANG DI BLOG yang sederhana ini, semoga bermanfaat..

Minggu, 21 Agustus 2011

40 Hadist Populer



1.       Niat
“Dari Amirul Mukminin Abi Hafsh Umar bin Khathab r.a,beliau berkata : ‘Aku mendengar Rasulullah saw bersabda :”’sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang memperoleh balasan atas apa yang ia niatkan. Barang siapa hijrahnya semata-mata kepada Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya itu benar-benar kepada Allah dan rasul-Nya. Barang siapa hijrahnya hanya demi dunia yang ia harapkan ataupun karena seorang wanita yang ingin ia nikahi maka hijrahnya hanya memperoleh apa yang ia ingini.” (Riwayat dua imam hadis, Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughriah bin Bardizbah al-Bukhari dan Abu al-Husain, Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairi an-Naishaburi, dan kedua kitab sahihnya yang merupakan kitab yang paling sahih yang pernah dikarang).

2.       Islam, Iman, Ihsan
Dari Umar bin Khathab r.a. , beliau berkata : “Pada suatu hari ketika kami duduk di samping Rasulullah saw. Tiba-tiba muncullah seorang lelaki berpakaian putih bersih dan rambutnya hitam legam. Tidak terlihat bekas perjalanan jauh sedikit pun. Tidak seorang pun di antara kami yang mengenalinya. Lalu ia duduk di hadapan Rasulullah sambil menyandarkan lututnya kepada lutut Rasulullah dan meletakkan kedua telapan tangannya di atas paha Rasulullah seraya berkata : “Wahai Muhammad, beritahukan kepadaku tentang Islam !”
Rasulullah menjawab : “Islam itu adalah engkau harus bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa Ramadhan, dan menunaikan haji ke Baitul Haram jika kamu mampu.” Lelaki itu berkata : “Engkau benar.”. Kami terheran-heran ia bertanya dan membenarkan. Lelaki itu bertanya kembali : “Beritahukan kepadaku tentang iman ! “Rasullah menjawab : “Engkau percaya kepada Allah, Malaikat-malaikatNya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, Hari Akhir, dan percaya kepada takdir baik maupun buruk.” Lelaki itu berkata : “Engkau benar.” Lalu berkata : “Beritahukan kepadaku tentang Ihsan.” Rasulullah menjawab : “Engkau menyembah Allah seakan-akan engkau melihat-Nya dan meskipun engkau tidak bisa melihat sesungguhnya Allah melihatmu.” Lelaki itu berkata : “Beritahukan kepadaku tentang hari Kiamat ?” Rasulullah menjawab : “Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang bertanya .” Lelaki itu berkata : “Beritahukan kepadaku tanda-tandanya.” Rasulullah menjawab : “Hamba sahaya melahirkan anak tuannya, engkau melihat orang tidak beralas kaki, telanjang, lagi fakir berlomba-lomba meninggikan bangunan mereka.” Lelaki itu pun pergi dan aku terdiam lama. Rasulullah pun bertanya kepadaku :”Tahukah kamu wahai Umar, siapa orang yang bertanya tadi ?” Aku menjawab : “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.” Rasulullah berkata : “Dia adalah malaikat jibril yang datang kepadamu untuk mengajarkan agamamu” (HR. Muslim).

3.       Rukun-rukun Islam
Dari Abi Abdur Rahman Abdullah bin Umar bin Khathab r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. Pernah bersabda : “Islam dibangun berdasarkan lima pondasi, yaitu : Kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, membayar zakat, haji, dan puasa Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4.       Segala Amal Tergantung Akhirnya
Dari Abu Abdur Rahman Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata : Rasulullah saw. bersabda :“ Sesungguhnya seorang diantara kamu berada di dalam rahim ibunya selama 40 hari dalam bentuk setetes air mani, lalu menjadi segumpal darah, lalu menjadi segumpal daging . lalu Allah mengutus Malaikat supaya meniupkan ruh kedalamnya. Lalu Malaikat itu diperintahkan dengan empat hal ; menentukan rezekinya, ajalnya, amal perbuatannya, dan sengsara atau bahagia. Demi Allah, sesungguhnya salah seorang di antara kamu melakukan perbuatan ahli surga sehingga seakan-akan jarak antara dia dan surga itu hanya satu hasta, lalu seperti yang sudah ditentukan ia pun melakukan perbuatan ahli neraka sehingga ia masuk ke dalamnya. Dan sesungguhnya salah seorang di antara kamu melakukan perbuatan ahli neraka sehingga seakan-akan jarak antara ia dan neraka hanya satu hasta lalu seperti yang sudah di gariskan, iapun melakukan perbuatan ahli surga sehingga ia masuk ke dalamnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5.       Kemungkaran dan Bid’ah
Dari Ummil mukminin ‘Aisyah r.a. beliau berkata : “Rasulullah saw telah bersabda : “Barang siapa melakukan hal baru dalam syari’at yang tidak ada ajarannya, maka amalnya tidak diterima.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6.       Halal dan Haram
Dari Abu Abdullah Nu’man bin Basyir r.a. ia berkata : ‘Aku mendengar Rasulullah saw berkata : “Sesungguhnya halal dan haram itu jelas dan diantara keduanya adalah perkara-perkara yang syubhat yang tidak diketahui oleh banyak manusia. Barang siapa menjaga dari perkara-perkara syubhat maka ia membersihkan agama dan kehormatannya. Barang siapa terperangkap dalam perkara-perkara syubhat maka ia jatuh dalam perkara haram seperti seorang pengembala yang mengembala di sekitar tanah lapang milik orang lain. Bukankah setiap pemilik memiliki pelindung, bukankah larangan Allah itu adalah hal-hal yang diharamkan Allah. Bukankah dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging. Jika tubuhnya baiknya maka baik pula seluruhnya dan jika rusak maka rusak seluruhnya. Itulah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim) 

7.       Agama itu Nasehat
Dari abi Ruqayyah Tamim bin aus ad-Dari r.a. berkata bahwa Rasulullah saw pernah bersabda : “sesungguhnya agama itu nasihat.” Kami bertanya : “Untuk siap, ya Rasulullah ?” Rasulullah menjawab : “Untuk Allah, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya dan untuk pemimpin-pemimpin kaum Muslimin, serta rakyat mereka.” (HR. Muslim)

8.       Kesucian seorang Muslim
Dari Abdillah Ibnu Umar bahwa Rasulullah saw pernah bersabda : “Aku diperintahkan untuk memerangi orang-orang hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, dan membayar zakat. Jika mereka melakukan hal itu maka mereka menjaga darah dan hartanya dariku kecuali mereka melanggar peraturan agama Islam (maka aku akan membunuh mereka) dan Allahlah yang membuat perhitungan bagi mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

9.       Pembebanan itu Sesuai dengan kemampuan
Dari Abu Hurairah Abdur Rahman bin Shakhr r.a. berkata : “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda : “Apa yang aku larang untuk kamu perbuat, maka jauhilah dan apa yang aku perintahkan untuk kamu pebuat maka lakukanlah semampu kalian. Sesungguhnya banyak orang yang binasa sebelum kamu itu karena mereka banyak tanya dan berselisih dengan nabi-nabi mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

10.   Berdoa dan Makan Makanan Halal
Dari Abu Hurairah r.a. berkata Rasulullah saw telah bersabda : “Sesungguhnya Allah Ta’ala bersih dan tidak menerima sesuatu kecuali sesuatu itu bersih. Dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang-orang beriman sebagaimana perintah-Nya kepada para Rasul. Allah berfirman : “Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh.” (Al Mu;minun:51) dan Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, makanlah antara rezeki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu .” (Al Baqarah : 172) Kemudian beliau menyebutkan seorang yang bepergian jauh, dengan rambut kusut lagi berdebu menengadahkan ke dua tangannya ke langit : Ya Tuhan, Ya Tuhan, sementara makanannya haram, minumannya haram, bajunya haram, dan diberi makan dengan makanan haram, bagaimana bisa dikabulkan permintaannya ?” (HR. Muslim)

11.   Wara’ dan Meninggalkan Perkara Syubhat
Dari Abu Muhammad Hasan bin Ali bin Abu Thalib, cucu kesayangan Rasulullah saw berkata : “Aku hafal sabda Rasulullah : “Tinggalkanlah sesuatu yang meragukanmu kepada yang tidak meragukanmu.” (HR. Tirmidzi dan an-Nasa’i)

12.   Meninggalkan Urusan yang Tidak Penting
Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata : Rasulullah saw pernah bersabda : “Diantara keislaman seseorang yang baik adalah ia mau meninggalkan urusan yang tidak penting baginya.” (HR. Tirmidzi)

13.   Cinta Kebaikan
Dari Abu Hamzah Anas bin Malik, pembantu Rasulullah saw dari Nabi saw beliau bersabda : “Tidak beriman seseorang di antara kamu sehingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

14.   Kapan Darah Muslim Itu Halal
Dari Ibnu Mas’ud r.a. ia berkata : “Rasulullah saw telah bersabda : “Tidak halal darah orang muslim yang bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah dan bahwa aku adalah utusan Allah kecuali tiga : ‘Seorang dewasa yang berzina, membunuh, dan meninggalkan agamanya lagi keluar dari jama’ah.’ (HR. Bukhari dan Muslim)

15.   Kemuliaan dan Diam
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda : “Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari akhir, maka hendaklah ia berkata baik atau diam. Dan barang siapa beriman kepada Allah dan Hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya. Dan barang siapa berima kepada Allah dan Hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

16.   Melarang Marah
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa ada seorang lelaki berkata kepada Rasulullah saw : “Berilah aku nasihat.” Rasulullah bersabda : “Janganlah kamu marah.” Lelaki itu terus meminta Rasulullah memberikan nasihat. Rasulullah menjawab : “Janganlah kamu marah.” (HR. Bukhari)

17.   Lemah Lembut dan Berbuat Baik
Dari Abu Ya’la Syaddad bin Aus r.a. Rasulullah saw bersabda : “Sesungguhnya Allah menuliskan kebaikan atas segala sesuatu. Jika kamu membunuh maka baguskanlah cara membunuh dan jika kamu menyembelih baguskanlah menyembelih dan hendaknya menajamkan pisau serta lemah lembutlah kepada hewan yang disembelih.” (HR. Muslim)

18.   Takwa dan Akhlak Baik
Dari Abu Dzar Jundub bin Junadah, Abu Abdurrahman Mu’adz bin Jabal r.a. dari Rasulullah saw, beliau bersabda : “Bertakwalah kepada Allah dimanapun kamu berada, dan berbuatlah baik sebagai ganti jika sebelumnya berbuat tercela sehingga kebaikan itu menghapus kejelekan sebelumnya dan pergaulilah orang dengan akhlak yang baik.” (Diriwayatkan oleh Tirmidzi, ia berkata bahwa hadis ini hadis hasan dalam beberapa naskah hadis, hadis ini termasuk dalam hadis sahih.)

19.   Perhatian dan Penjagaan Allah
Dari Abdullah Ibnu Abbas, ia berkata : “Pada suatu hari aku berada di belakan Rasulullah saw lalu beliau berkata kepadaku : “Hai anak muda, sesungguhnya aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kata : “Jagalah hak-hak Allah atasmu, maka Dia akan menjagamu. Jagalah hak-hak Allah atasmu, niscaya engkau mendapati-Nya didepanmu. Jika engkau ingin memohon sesuatu, maka mohonlah kepada Allah. Jika ingin meminta tolong, maka mintalah kepada Allah. Ketahuilah seandainya umat manusia bersatu untuk memberi manfaat kepadamu dengan sesuatu, maka sekali-kali mereka tidak bisa berbuat itu kecuali yang Allah telah tentukan baik bagimu. Dan bila mereka bersatu untuk menyelakakanmu dengan sesuatu, maka mereka tidak bisa kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tentukan bisa menyelakakanmu. Allah telah menentukan takdir makhluk sebelum mereka diciptakan dan Allah telah selesai menuliskan takdir mereka.” Tirdmidzi mengatakan bahwa hadis tersebut hadis hasan sahih.
Dalam riwayat selain Tirmidzi : “Jagalah hak-hak Allah atasmu niscaya kamu mendapati-Nya ada di hadapanmu. Kenalilah Allah ketika engkau dalam keadaan bahagia, niscaya Allah mengenalmu ketika dalam kesusahan. Ketahuilah bahwa yang salah pasti salah dan benar pasti benar. Dan ketahuilah bahwa kemenangan itu bersama dengan kesabaran, sesudah kesempitan ada kelaparan dan sesudah kesulitan ada kemudahan”

20.   Rasa Malu dan Iman
Dari Uqbah bin Amru dan Abu Mas’ud berkata bahwa Rasulullah saw bersabda : “Diantara kata-kata kenabian yang pertama yang diketahui oleh manusia adalah ‘jika kamu tidak malu, maka lakukanlah sesuka hatimu.” (HR. Bukhari)

 21.   Iman dan Istiqamah
Dari Abu Amru, ada yang menyebutnya Abu ‘Amra Sufyan bin Abdullah ats-Tsaqafi berkata : Aku berkata kepada Rasulullah saw  : “Ya Rasulullah, katakan kepadaku mengenai Islam sebuah perkataan yang aku tidak akan bertanya kepada seorang pun selain kamu.” Rasulullah menjawab : “Katakanlah aku beriman kepada Allah lalu istiqamahlah.” (HR. Muslim)

22.   Jalan Menuju Surga
Dari Abu Abdullah Jabir bin Abdullah al-Anshari bahwa seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah saw “Bagaimana pendapatmu jika aku menunaikan shalat-shalat fardhu, puasa Ramadhan, menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram, serta tidak berlebihan sedikit pun, apakah aku akan masuk surge ?” Rasulullah menjawab : “Ya benar.” (HR. Muslim)

23.   Sarana Menuju Kebaikan
Dari Abu Malik – al-Harits bin ‘Ashim- al-Asy’ari  r.a. berkata : “Rasulullah saw pernah bersabda : ‘Bersuci itu adalah setengah iman. Kalimat tahmid itu memenuhi timbangan. Tasbih dan tahmid memenuhi antara langit dan bumi. Shalat itu cahaya, bersedekah itu bukti, kesabaran itu lentera dan Al-Qur’an itu hujjah bagimu dan keatasmu. Setiap orang berusaha untuk dirinya sendiri, ada yang menjual diri sendiri untuk taat kepada Allah sehingga selamat dari azab dan ada yang menjual diri sendiri untuk setan sehingga ia binasa.” (HR. Muslim).

24.   Larangan Berbuat Zalim
Dari Abu Dzar al-Ghifari r.a. dari Nabi Muhammad saw sebagaimana yang beliau riwayatkan dari Allah bahwa Allah swt berfirman : “Hai hamba-hamba-Ku, Aku telah mengharamkan diri-Ku dari kezaliman, dan Aku mengharamkannya diantara kamu, maka janganlah kamu saling berbuat zalim . Hai hamba-hamba-Ku, kamu semua tersesat kecuali yang Aku beri petunjuk, maka mintalah petunjuk kepada-Ku pasti Aku beri petunjuk. Hai hamba-hamba-Ku, kamu semua kelaparan kecuali yang Aku beri makan, maka mintalah makan kepada-Ku pasti Aku beri. Hai hamba-hamba-Ku, kamu semua telanjang, kecuali yang Aku beri pakaian, maka mintalah penutup pasti Aku berikan penutup.

Hai hamba-hamba-Ku, kamu selalu berbuat salah siang dan malam, dan Aku mengampuni semua dosa, maka mintalah ampun kepada-Ku niscaya Aku ampuni dosamu. Hai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya kamu tidak bisa mencelakai-Ku, maka celakailah Aku kalau kau bisa, dan sesungguhnya kamu tidak bisa memberikan manfaat kepada-Ku, maka berikanlah manfaat kepada-Ku kalau kau bisa. Hai hamba-hamba-Ku, jika orang yang pertama dan terakhir di antaramu, manusia dan jin di antara kamu menjadi orang yang paling bertakwa, itu semua tidak dapat memenuhi kekuasaan-Ku sedikit pun.

Hai hamba-hamba-Ku, Jika orang yang pertama dan terakhir di antaramu, manusia dan jin diantara kamu menjadi orang yang paling jahat, itu semua tidak dapat mengurangi kekuasaan-Ku sedikit pun. Hai hamba-hamba-Ku, jika orang yang pertama dan terakhir kamu, manusia dan jin di antara kamu berdiri di atas gunung lalu mereka semua meminta-Ku dan Aku berikan apa yang diminta, maka hal itu tidaklah mengurangi apa yang Aku punya, kecuali seperti kurangnya apabila sebuah jarum dimasukkan ke dalam laut.

Hai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya itu semua adalah amal-amal kamu yang Aku simpan untukmu, kemudian Aku cukupkan kepadamu. Barangsiapa mendapati kebaikan maka bertahmidlah dan barangsiapa mendapati selain itu, maka janganlah mencela kecuali kepada dirinya sendiri.” (HR. Muslim)

25.   Keutamaan Berdzikir
Dari Abu Dzar juga, bahwa beberapa orang diantara sahabat Rasulullah saw berkata kepada Nabi Muhammad saw : “Ya Rasulullah, orang-orang kaya bersukaria mamanen pahala mereka. Mereka shalat seperti kami, puasa seperti kami, bersedekah dengan benda yang lebih baik daripada kami. ” Rasulullah menjawab : “Bukankah Allah telah menjadikan semua amal baikmu sebagai sedekah bagimu ?”
Sesungguhnya setiap kali tasbih itu sedekah, setiap kali takbir sedekah, setiap kali tahmid sedekah, setiap kali tahlil sedekah, amr ma’ruf nahi mungkar sedekah dan berhubungan suami istri pun sedekah.” Mereka bertanya kembali : “Apakah seorang diantara kami menyalurkan nafsunya juga mendatangkan pahala baginya?” Rasulullah menjawab : “Ketahuilah bahwa kalau ia melakukan dengan cara haram saja membawa dosa, demikian juga jika ia melakukan dengan cara halal, pasti ia mendapat pahala.” (HR. Muslim)

26.   Diantra Jalan Menuju Kebaikan
Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata : “Rasulullah saw pernah bersabda : ‘setiap ruas anggota tubuh manusia itu ada sedekahnya, setiap harinya manakala matahari terbit. Berbuat adil antara dua orang adalah sedekah, membantu orang naik onta atau kuda atau menaikkan barangnya ke atas kudanya juga sedekah, kata-kata yang baik sedekah, setiap langkah menunaikan shalat sedekah dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

27.   Kebaikan Dan Dosa
Dari Nawwas bin Sam’an dari Rasulullah saw beliau bersabda : “Kebaikan adalah berperilaku baik, adapun dosa adalah keraguan yang mengganjal hatimu dan kamu tidak mau orang lain tahu.” (HR. Muslim)

28.   Berpegang Sunnah dan Menjauhi Bid’ah
Dari Abu Najih al-Irbadh bin Sariyah r.a. Ia berkata : “Suatu ketika Rasulullah saw memberikan nasihat kepada kami dengan nasihat yang menggetarkan hati dan membuat air mata mengalir, lalu kami pun berkata : “Hai Rasulullah, sepertinya itu adalah nasihat yang menyentuh, maka berilah kami nasihat!”
Rasulullah saw bersabda : “Aku berwasiat kepada kamu semua agar kamu bertakwa kepada Allah dengan tunduk dan patuh meskipun ada orang yang merencanakan kejahatan terhadap kamu. Siapa yang hidup diantara kamu, pasti akan melihat perbedaan yang banyak. Oleh karena itu kamu harus berpegang pada Sunnahku dan sunnah para Khulafaur Rasyidin dengan sekuat-kuatnya. Jauhilah dirimu dari hal-hal baru dalam agama. Karena setiap yang baru dan menyimpang dari agama (bid’ah) adalah menyesatkan.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirdmizi. Ada yang mengatakan bahwa hadis ini hasan sahih)

29.   Jalan Menuju Surga
Dari Mu’adz bin Jabal r.a., ia berkata : “Aku bertanya kepada Rasulullah saw : ‘Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku amal perbuatan yang bisa memasukkan aku ke surga dan menjauhkan diri dari api neraka.’ Rasulullah menjawab : ‘Engkau telah menanyakan sebuah pertanyaan yang mulia, sungguh mudah bagi orang yang diberikan kemudahan oleh Allah swt , hendaklah kamu menyembah Allah tidak menyekutukan-Nya dengan yang lain, mendirikan shalat, membayar zakat, puasa Ramadhan, dan menunaikan haji… Bukankah aku telah menunjukkan kepadamu pintu-pintu kebaikan ? Puasa itu perisai, sedekah itu dapat menghapus dosa seperti air bisa memadamkan api dan shalatnya orang di tengah malam . Lalu Rasulullah membacakan firman Allah :‘Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya… sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka lakukan. (As-Sajdah: 16-17)

Lalu Rasulullah melanjutkan : “Bukankah aku telah memberitahukan kepadamu mengenai inti, tiang, dan puncak agama ?’” Aku menjawab : “Betul, ya Rasulullah. “Rasulullah saw pun bersabda : “Inti agama adalah Islam, tiangnya adalah shalat, puncaknya adalah jihad.”

Kemudian beliau melanjutkan : “Maukah aku beritahukan tentang maksud semua itu ?” Aku menjawab : “Mau, ya Rasulullah.” Lalu Rasulullah memegang mulutnya seraya bersabda : “Hati-hatilah kamu dengan mulutmu.” Aku bertanya : “Apakah kita akan dihukum karena apa yang kita katakan ?” Rasulullah menjawab :“Tidaklah manusia masuk neraka kecuali karena kejahatan mulut mereka.” (Diriwayatkan oleh Tirmidzi. Ada yang mengatakan bahwa hadis ini hasan lagi sahih)

30.   Hak dan Hukum Allah
Dari Abu Tsa’labah al-Khusyani –Jurtsum bin Nasyir – r.a. Rasulullah saw bersabda : “Sesungguhnya Allah swt telah mewajibkan ibadah-ibadah fardhu maka jangan kamu sia-siakan, Allah telah menetapkan hukum-hukum-Nya maka janganlah kamu melanggarnya, mengharamkan beberapa hal maka janganlah kamu terjerumus ke dalamnya, dan tidak menyebutkan beberapa hal sebagai rahmat bagimu yang tidak pernah dilupakan, maka janganlah kamu bertanya-tanya tentangnya.” (Hadis Hasan diriwayatkan oleh Daruquthni dan lainnya)

31.   Keutamaan Zuhud
Dari Abi ‘Abbas –Sahal bin Sa’d as-Sa’idi r.a. , ia berkata : “Seorang lelaki mendatangi Rasulullah saw dan berkata “Ya Rasulullah, tunjukkan kepadaku suatu amal perbuatan yang jika aku lakukan Allah akan mencintaiku dan juga manusia lainnya.” Rasulullah pun menjawab : “Jauhilah kesenangan di dunia, niscaya Allah akan mencintaimu dan janganlah tamak dengan apa yang di dapat oleh orang lain, maka orang lain akan mencintaimu.” (Hadis hasan diriwayatkan oleh Ibnu Majah dengan sanad-sanad yang baik)

32.   Tidak mencelakai dan merugikan orang lain
Dari Abu Sa’id –Sa’ad bin Sinan-al-Khudhri : bahwa Rasulullah saw pernah bersabda : “Hendaklah seorang diantara kamu tidak membahayakan orang lain dan tidak mendatangkan bahaya kepada diri sendiri.” (Hadis hasan diriwayatkan oleh Ibnu Majah, ad-Daruquthni, dan lainnya) (Diriwiyatkan oleh Malik dalam al-Muwaththa’ sebagai hadis mursal : dari Amr bin Yahya, dari ayahnya, dari Nabi Muhammad saw . Lalu Malik membuang nama Abu Sa’id. Dan ia memiliki jalur perawian yang saling menguatkan).

33.   Bukti dan Sumpah
Dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda : “Jika manusia diberi kebebasan untuk menyampaikan pengakuan mereka, maka orang-orang akan mengaku-aku harta orang lain dan darah mereka. Akan tetapi bukti itu harus ada pada orang yang menuduh dan sumpah itu harus ada pada orang yang mengingkarinya.” (Hadis hasan diriwayatkan oleh al-Baihaqi dan lainnya dan sebagian yang lain dan sahih Bukhari dan Muslim)

34.   Mengubah Kemungkaran
Dari Abu Sa’id al-Khudhri, ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda : “Siap diantara kamu melihat kemungkaran, maka hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya, jika tidak bisa maka hendaklah dengan lisannya dan jika tdak bisa juga, hendaklah dengan hatinya, dan itu adalah selemah-lemahnya iman” (HR. Muslim).

35.   Sopan Santun
Dari Abu Hurairah , ia berkata Rasulullah saw pernah bersabda : “Janganlah kamu saling mendengki, saling menawar barang lebih tinggi, saling membenci, saling bermusuhan, beberapa orang di antara kamu tidak boleh menjual barang yang dijual orang lain dengan harga lebih rendah daripada yang lain. Jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersaudara. Orang muslim adalah saudaranya orang muslim. Ia tidak boleh menzalimi, membiarkan saudaranya dalam kesusahan, dan menghinanya. Takwa itu tempatnya di sini – Rasulullah menunjukkan ke arah dadanya sebanyak tiga kali – cukuplah seseorang mendapatkan dosa dengan menghina saudaranya sesama muslim. Ada beberapa perkara yang diharamkan setiap orang muslim atas yang lain yaitu darah, harta, dan kehormatannya.” (HR. Muslim)

36.   Amal Kebaikan dan Pahalanya
Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata dari Rasulullah saw bahwa beliau bersabda : “Siapa yang meringankan seorang mukmin dari kesempitan dunia, niscaya Allah akan meringankannya dari kesempitan di hari kiamat nanti. Siapa yang memudahkan orang yang dalam kesulitan, niscaya Allah akan memudahkan baginya didunia dan akhirat. Siapa yang menutupi aib saudaranya sesama muslim, niscaya Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah akan menolong hamba-Nya selama orang itu mau menolong saudaranya. Siapa yang meniti jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan jalan baginya menuju surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah, membaca Al-quran dan mempelajarinya di antara mereka kecuali mereka akan memperoleh ketenangan, dikaruniai rahmat, dikelilingi oleh para Malaikat, dan Allah akan mengingat-Nya. Dan barang siapa yang lambat bekerja, nasabnya tidaklah mampu mempercepatnya.” (HR. Muslim)

37.   Kemuliaan Allah
Dari Ibnu Abbas r.a. dari Rasulullah saw sebagaimana yang diriwayatkan beliau dari Allah swt beliau bersabda : “Sesungguhnya Allah menulis amal-amal baik dan buruk, kemudian menjelaskannya : “Barang siapa berniat melakukan kebaikan dan belum melaksanakannya Allah menuliskan baginya satu kebaikan penuh. Jika ia berniat melakukan kebaikan lalu melaksanakannya Allah menuliskan baginya 10 kebaikan hingga 700 dan berlipat ganda banyaknya. Siapa yang berniat melakukan keburukan dan ia belum sempat melakukannya maka Allah menuliskan satu kebaikan penuh. Jika ia berniat melakukan keburukan lalu melaksanakannya maka Allah menuliskan baginya satu keburukan” (HR. Bukhari dan Muslim)
 
38.   Kemurkaan dan Keridhaan Allah
Dari Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw pernah bersabda : “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman : “Siapa yang memusuhi hamba-Ku yang beriman, maka Aku beritahukan kepadanya untuk memeranginya. Amal-amal ibadah fardhu yang Aku wajibkan kepada hamba-Ku yang mereka lakukan untuk mendekatkan dirinya kepada-Ku adalah lebih aku sukai. Hamba-Ku senantiasa melakukan ibadah-ibadah sunnah untuk mendekatkan diri kepada-Ku hingga Aku mencintainya. Dan jika Aku mencintainya maka Aku menjadi telinga baginya untuk mendengar, mata untuk melihat, tangan untuk memegang, serta kaki untuk berjalan. Apabila minta kepada-Ku pasti akan Ku-beri. Apabila meminta perlindungan kepada-Ku pasi akan Ku-lindungi. Tidak sedikit pun Aku ragu. Aku pasti melakukannya. Keraguan-Ku hanya pada diri orang mukmin yang enggan mati, padahan Aku enggan mencelakakannya. ” (HR. Bukhari)

39.   Suatu yang Tidak ada Dosa
Dari Ibnu Abbas r.a. ia berkata : “Rasulullah saw pernah bersabda : “Sesungguhnya Allah mengampuni untukku dosa umatku karena kesalahan, lupa, dan mereka dipaksa berbuak dosa.” (Hadis hasan diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Baihaqi, dan lainnya)

40.   Harapan Pendek
Dari Ibnu Umar r.a. ia berkata : “Rasulullah saw memegang bahuku lalu bersabda :Jadilah dirimu di dunia ini seperti seorang asing atau musafir. ” Ibnu Umar berkata : “Jika kamu berada di sore hari janganlah menunggu pagi, dan jika kamu berada di pagi hari, janganlah menunggu sore. Ambillah sehatmu untuk sakitmu dan hidupmu untuk matimu.” (HR. Bukhari)
 
by : Sultan Jayani

0 komentar: