Asslamu Alaikum Wr.Wb. SELMAT DATANG DI BLOG yang sederhana ini, semoga bermanfaat..

Jumat, 16 Desember 2011

Wajib Mencintai Nabi saw Lebih dari semua Makhluk

Mencintai Nabi adalah bagian dari keimanan, banyak sekali dalil-dalil yang menunjukkan wajibnya mencintai Rasulullah melebihi dari cinta kepada diri sendiri, orang tua, anak, keluarga, harta dan seluruh manusia.

1.Wajib mencintai Nabi melebihi cintanya kepada diri sendiri 
Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Abdullan bin Hisyam bahwa dia berkata : "Kami perna bersama Nabi sementarai beliau menggandeng tangan Umar bin Khaththab, lalu Umar berkata kepada beliau : "Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau lebih aku cintai dari segala sesuatu kecuali diriku sendiri." maka Nabi bersabda :
"Tidak, demi Dzat yang jiwaku ada di tanganNya ! Hingga aku lebih engkau cintai daripada mencintai dirimu sendiri."

maka Umar berkata kepadanya : "Sesungguhnya sekarang engkau lebih aku cintai dari pada diriku sendiri. Nabi Bersabda  :
"Sekarang wahai Umar"

Al-allamah Al-Aini mengatakan dalam penjelasannya tentang sabda Nabi "Tidak, demi Dzat yang jiwaku ada di tanganNya! hingga aku lebih engkau cintai daripada dirimu sendiri", maksudnya adalah : Tidak sempurna imanmu...

Beliau juga menjelaskan bahwa maksud sabda Nabi "Sekarang wahai Umar", yaitu sempurnalah imanmu.

Simaklah sabda beliau : "Tidak, demi Dzat yang jiwaku yang ada di tanganNya ..." beliau selalu berbicara benar walaupun tanpa sumpah, apalagi kalau beliau mengucapkan hal itu dengan sumpah, padahal itu menjadi penguat pembicaraan.

2. Wajib mencintai Nabi melebihi cintanya kepada orang tua dan anak 

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda :
"Demi Dzat yang jiwaku ada di tanganNya, tidaklah diantara kalian beriman sehingga aku lebih dicintai dari pada orang tua dan anaknya."

dari hadits yang mulia di atas kita dapati bahwa Rasul yang jujur dan selalu berbicara dengan dasar wahyu telah bersumpah.

3. Wajib mencintai Nabi lebih daripada mencintai keluarga, harta dan seluruh manusia 

Imam Muslim meriwayatkan dari Anas bahwa Rasulullah bersabda :
"Tidaklah beriman seorang hamba sehingga aku lebih dia cintai daripada keluarganya, hartanya dan seluruh manusia".

4. Ancaman bagi orang yang mencintai makhluk lebih daripada mencintai Nabi 

Allah mengancam dengan siksaan kepada orang yang menjadikan bapak, anak, saudara, isteri, keluarga, harta kekayaan, perniagaan dan rumah tempat tinggalnya lebih dia cintai daripada Allah dan RasulNya serta berjihat di jalanNya, sebagaimana firman Allah :
"Katakanlah : 'Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu kawatir kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai adalah lebih kemu cintai daripada Allah dan RasulNya darn (dari) berjihad dijalanNya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusannya'. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik." (At-Taubah :24)


1 komentar:

pakajafari mengatakan...

The Citizen Titanium Dive Watch - ITanium-Arts
The Citizen Titanium Dive Watch how to get titanium white octane features a unique titanium athletics signature design titanium mesh and design 바카라사이트 based on the with an array mens titanium watches of adjustable blade angle, the